3 Wisata Malam di Banda Aceh

Pemandangan kota Aceh tidak hanya indah di pagi dan sore hari, tetapi juga indah di malam hari yang dihiasi dengan lampu jalan yang menghiasi kota. Sore hari saatnya explore wisata kuliner Banda Aceh yang semakin nikmat  di malam hari. Banda Aceh  wajib dicoba saat berkunjung ke Aceh. Aceh terkenal dengan produksi kopinya yang berkualitas, maka jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai sajian kopi di kafe-kafe yang tersebar di berbagai pelosok Aceh, terutama pada  malam hari. Kopi Aceh ditanam, ada varietas Robusta dan Arabika. Kopi Robusta yang terkenal adalah kopi Ulee Kareng sedangkan untuk kopi Arabica ada kopi Gayo. Lalu ada  Bakopi yang biasa digunakan untuk kopi pull atau kopi terbalik atau kopi khop. Lalu ada latte khas AcehPenyanyi. Jika Anda puas mencoba berbagai minuman kopi berkualitas dengan harga  terjangkau, Anda hanya akan menemukannya di Aceh. Ada juga kopi weng yang unik karena cara pembuatannya, yang disiapkan atau diterbangkan dalam weng. melalui filter seperti stocking. Anda juga bisa mencoba Bandrek dan Teh Tarik. Harganya juga terjangkau, hanya berkisar antara Rp 5 Ribu sampai 15 Ribu. 

Masjid Baiturrahman Banda Aceh

Hiasan lampu di malam hari membuat Masjid Baiturrahman terlihat indah. Jika Anda berkunjung ke Aceh  saat bulan Ramadhan, Anda akan merasakan kemeriahan malam Ramadhan di berbagai masjid  di Aceh. Ada juga banyak gerai yang menjual berbagai kuliner yang berhubungan dengan Baiturrahman. Masjid juga ada  pasar batu cincin. Mie Aceh enak disantap di malam hari dan disajikan panas-panas setelah dimasak. Ada juga sate  kuah kari kambing yang bisa dihangatkanMalam.

Rex Peunayong, Pusat Kuliner Malam

Apa yang terjadi pada malam hari ketika Anda berada di Banda Aceh? Rex Peunayong mungkin salah satu  tempat yang wajib kamu kunjungi. Ini bisa disebut  penyembuh lapar malam  di Banda Aceh. Objek wisata kuliner di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam ini populer sebagai  wisata kuliner malam  Banda Aceh. Setelah tsunami  26 Desember 2004, Rex Peunayong diperbaiki dan diperluas.Hingga kini tempat ini selalu ramai dikunjungi. Kerumunan masih sama seperti sebelum kehancuran tsunami. Rex Peunayong berlokasi sangat strategis di Jalan Sri Ratu Safiatuddin, Desa Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Di sekelilingnya banyak penginapan, tempat singgah untuk jajan dan stand snack, jajanan yang ditawarkan disini sangat beragam.Kebanyakan masakan Indonesia. Menunya terdiri dari nasi goreng, ayam penyet, sate padang, nasi uduk, nasi bebek, martabak, seafood, dll. Harganya juga bervariasi, dari Rp 3.000 hingga Rp 30,000 Ribu

Nasi Goreng Daus

Selama sejarah wisata Aceh ada, belum ada yang menyebut tempat makan ini. Mengapa tidak populer? Saya tidak suka melihat pengunjung di restoran Daus  yang sibuk ini. Atau rekan-rekan berasumsi bahwa tempat ini sudah dikenal jadi saya tidak akan melaporkan lagi, mungkin Nasi Goreng Daus, itu tepat di sebelah salah satu restoran ikonik Banda Aceh, stand Mie Razali di daerah Peunayong.Restoran ini luas, bersih dan nyaman. Ada juga kamar bebas rokok. Pada menu yang terlampir di meja, terdapat tiga pilihan nasi goreng, yaitu nasi goreng umum, nasi goreng seafood, dan nasi goreng anak. Saya langsung memesan nasi goreng anak karena sepertinya menggugah selera. Ketika nasi goreng dibawa ke meja ternyata saya tidak sendiri karena pelayan  membawa rombongan lain untuk mengisi meja, jadi ada yang besar di piring lain yang dibawa ke meja  goreng udang, roti manis, goreng . Unggas, steak, cumi-cumi, pai, dan keripik. , tomat, mentimun dan acar, ditambah cabai rawit. Saya tidak sabar untuk makan dan menikmati keseruan di meja ini.

Nah itulah beberapa kuliner dan wisata malam di Aceh, Jadi kapan nih kalian mencobanya?

Posted in Uncategorized