6 Tempat Wisata di Gunung Gede Pangarango

Gunung Gede Pangrango yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Meski dikenal sebagai kawasan pendakian, TNGGP juga menawarkan beberapa pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi tanpa harus bermalam di sana. Jadi Ada Wisata apa sih di Gunung Gede pangarango? Berikut Rekomendasinya

Telaga Biru

Telaga Biru merupakan tempat indah pertama yang ditemukan pendaki yang melewati jalur Cibodas, lokasinya berada di tengah hutan dengan luas sekitar 5 hektar, keunikan laguna ini adalah warnanya yang biru sempurna karena pengaruh dari spesies ganggang biru-hijau Tapi tidak hanya biru, danau ini juga cenderung berubah warna secara drastis tergantung pada pertumbuhan alga.Airnya juga sangat jernih, jika dilihat dari dekat mata pendaki akan menangkap ikan-ikan kecil yang berkeliaran bebas di danau.

Surya Kencana

Alasan utama pendaki datang ke Gunung Gede Pangrango adalah karena Surya Kencana. Lahan garapan dengan luas kurang lebih 50 hektar ini ditumbuhi bunga edelweis. Karena itulah banyak  pendaki  menyempatkan diri  mengabadikan momen dengan bunga yang merupakan simbol keabadian. Kalau mau istirahat di Surya Kencana sebentar juga bisa. Udara disana sangat segar dan sejuk.Keindahan alamnya tidak pernah gagal untuk merusak pemandangan. Bukan hal yang aneh bagi pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam di  area tersebut. Tentunya sesampainya di Surya Kencana sayang jika melewatkan panorama sunrise, sunset dan gemerlapnya. Bintang yang akan menghiasi langit malam di ketinggian 2.750 meter di atas permukaan laut.Dibutuhkan waktu sekitar 6-7 jam di jalur Gunung Putri untuk mencapai tempat ini. Sedangkan ketika pendaki meninggalkan Cibodas, mereka harus melewati Puncak Gede terlebih dahulu.

Tanjakan Setan

Namanya bisa bikin merinding. Namun, jalur ini tidak disebut Devil’s Rise karena memang memiliki aura mistis yang kental! Devil’s Hill merupakan jalan menanjak dengan tanjakan yang  cukup ekstrim, sehingga cukup sulit untuk dilalui. Gede Pangrango memang aman untuk didaki bagi pendaki pemula, namun bukan berarti jalurnya bisa dianggap remeh. Meski tali tersedia di Tanjakan Setan  untuk memudahkan proses pendakian, pengunjung harus berhati-hati.

Curug Cibeureum

Curug Cibeureum berada di ketinggian 1.625 meter di atas permukaan laut, setelah sekitar satu jam berjalan kaki dari pintu masuk Cibodas, pengunjung akan menemukan ibu utama jalan setapak, banyak wisatawan  rela datang ke gunung Gede Pangrango hanya untuk berhenti. Di air terjun ini, air terjun mencapai hampir  50 meter.Di sana pengunjung bisa bermain air atau sekedar berfoto dengan latar belakang air terjun yang megah, para pendaki sering menggunakan tempat ini untuk beristirahat dan mendengarkan suara air terjun.

Pos Air Panas

Setelah lelah menaklukkan setengah  gunung, istirahatlah di pemandian air panas. Pada umumnya pendaki yang melalui Jalur Gunung Putri Cibodas akan menjadikannya tempat untuk berendam dan meregangkan otot. Jalan menuju lokasi agak menurun dan panas sehingga pengunjung harus sangat berhati-hati dan berpegangan pada tali yang disediakan.Selain itu, ada jurang yang cukup dalam di sebelah kanan, salah satu langkah bisa jatuh, air di tempat ini mengandung belerang, pengunjung tidak boleh mengkonsumsinya karena alasan kesehatan.

Kandang Badak

Pada ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut terdapat sebuah pos yang sering digunakan sebagai tempat peristirahatan para pendaki sebelum melanjutkan pendakian ke puncak Monte Gede atau Monte Pangrango. menghubungkan dua gunung  berkemah karena banyaknya air bersih

Nah itu lah 6 Tempat Wisata di Gunung Gede Pangarango, Jadi kapan nih kalian mau ngedaki ke gunung gede ini?

Posted in TipsWisata Malam